Pengertian AGP

Singkatan dari "Accelerated Graphics Port." AGP adalah jenis slot ekspansi yang dirancang khusus untuk kartu grafis. Ini dikembangkan pada tahun 1996 sebagai alternatif dari standar PCI. Karena antarmuka AGP menyediakan bus khusus untuk data grafik, kartu AGP mampu membuat grafik lebih cepat daripada kartu grafis PCI yang sebanding.

Seperti slot PCI, slot AGP dibangun ke motherboard komputer. Mereka memiliki faktor bentuk yang mirip dengan slot PCI, tetapi hanya dapat digunakan untuk kartu grafis. Selain itu, ada beberapa spesifikasi AGP, termasuk AGP 1.0, 2.0, dan 3.0, yang masing-masing menggunakan tegangan yang berbeda. Oleh karena itu, kartu AGP harus kompatibel dengan spesifikasi slot AGP tempat mereka dipasang.

Karena kartu AGP membutuhkan slot ekspansi, mereka hanya dapat digunakan di komputer desktop. Sementara AGP populer selama sekitar satu dekade, teknologi telah digantikan oleh PCI Express, yang diperkenalkan pada tahun 2004. Selama beberapa tahun, banyak komputer desktop termasuk slot AGP dan PCI Express, tetapi akhirnya slot AGP dihapus sepenuhnya. Oleh karena itu, sebagian besar komputer desktop yang diproduksi setelah 2006 tidak menyertakan slot AGP.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter