Pengertian ALU

Singkatan dari "Arithmetic Logic Unit." ALU adalah sirkuit terintegrasi dalam CPU atau GPU yang melakukan operasi aritmatika dan logika. Instruksi aritmatika meliputi operasi penjumlahan, pengurangan, dan pergeseran, sedangkan instruksi logika mencakup perbandingan boolean, seperti operasi AND, OR, XOR, dan NOT.

ALU dirancang untuk melakukan perhitungan bilangan bulat. Oleh karena itu, selain menambah dan mengurangi angka, ALU sering menangani perkalian dua bilangan bulat, karena hasilnya juga bilangan bulat. Namun, ALU biasanya tidak melakukan operasi divisi, karena hasilnya mungkin sebagian kecil, atau angka "floating point". Sebaliknya, operasi divisi biasanya ditangani oleh unit floating-point (FPU), yang juga melakukan perhitungan non-integer lainnya.

Sementara ALU adalah komponen mendasar dari semua prosesor, desain dan fungsi ALU dapat bervariasi antara model prosesor yang berbeda. Misalnya, beberapa ALU hanya melakukan perhitungan bilangan bulat, sementara yang lain dirancang untuk menangani operasi floating point juga. Beberapa prosesor berisi ALU tunggal, sementara yang lain menyertakan beberapa unit logika aritmatika yang bekerja sama untuk melakukan perhitungan. Terlepas dari cara ALU dirancang, tugas utamanya adalah menangani operasi integer. Oleh karena itu, kinerja integer komputer terkait langsung dengan kecepatan pemrosesan ALU.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter