Pengertian APU

APU adalah prosesor yang mencakup CPU dan GPU dalam satu chip. Nama "APU" diciptakan oleh AMD, yang merilis APU pertama pada Januari 2011.

Selama bertahun-tahun, CPU menangani semua perhitungan non-grafis, sedangkan GPU hanya digunakan untuk operasi grafis. Ketika kinerja GPU meningkat, produsen perangkat keras dan pemrogram perangkat lunak menyadari bahwa GPU memiliki banyak potensi yang tidak digunakan. Oleh karena itu, mereka mulai menemukan cara untuk menurunkan perhitungan sistem tertentu ke GPU. Strategi ini, yang disebut "pemrosesan paralel," memungkinkan GPU untuk melakukan perhitungan bersama CPU, meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

APU melakukan komputasi paralel satu langkah lebih jauh dengan melepas bus antara CPU dan GPU dan mengintegrasikan kedua unit pada chip yang sama. Karena bus adalah hambatan utama dalam pemrosesan paralel, APU lebih efisien daripada CPU dan GPU terpisah. Meskipun strategi ini mungkin tidak masuk akal untuk komputer desktop dengan kartu video khusus, ini dapat memberikan keuntungan kinerja yang signifikan untuk laptop dan perangkat seluler lainnya yang memiliki chip grafis terintegrasi.

CATATAN: Meskipun prosesor Intel tidak disebut APU, arsitektur Intel modern, seperti Sandy Bridge dan Ivy Bridge dirancang dengan CPU dan GPU terintegrasi. Chip ini kadang-kadang disebut "prosesor hibrid," karena mengandung baik unit pemrosesan pusat dan unit pemrosesan grafis.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter