Pengertian Applet

Applet adalah aplikasi kecil yang dirancang untuk dijalankan dalam aplikasi lain. Sementara istilah "applet" kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan program kecil yang disertakan dengan sistem operasi komputer, biasanya merujuk ke applet Java, atau aplikasi kecil yang ditulis dalam bahasa pemrograman Java.

Tidak seperti aplikasi biasa, applet Java tidak dapat dijalankan secara langsung oleh sistem operasi. Sebagai gantinya, mereka harus dijalankan dalam Java Runtime Environment (JRE), atau dalam program lain yang menyertakan plug-in Java. Jika tidak ada JRE yang diinstal, applet Java tidak akan berjalan. Untungnya, Java tersedia secara bebas untuk sistem Windows, Mac, dan Linux, yang berarti Anda dapat dengan mudah mengunduh dan menginstal JRE yang sesuai untuk sistem Anda. Karena applet Java berjalan di dalam JRE dan tidak dijalankan oleh sistem operasi, mereka adalah crossplatform, artinya applet tunggal dapat berjalan di sistem Windows, Mac, dan Linux.

Meskipun applet dapat berfungsi sebagai aplikasi desktop dasar, mereka memiliki akses terbatas ke sumber daya sistem dan karenanya tidak ideal untuk program yang kompleks. Namun, ukurannya yang kecil dan sifat lintas platform membuatnya cocok untuk aplikasi berbasis web. Contoh applet yang dirancang untuk dijalankan di browser web termasuk kalkulator, program menggambar, animasi, dan permainan video. Applet berbasis web dapat berjalan di browser apa saja di sistem operasi apa saja dan selama plug-in Java diinstal.

Selama tahun-tahun awal Web, applet Java menyediakan cara bagi webmaster untuk menambahkan fitur interaktif yang tidak mungkin dengan HTML dasar. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, applet secara perlahan digantikan oleh teknologi yang lebih baru seperti jQuery dan HTML 5. Beberapa browser, seperti Google Chrome, tidak lagi mendukung tag <applet>, dan yang lain, seperti Apple Safari, bahkan tidak mengaktifkan Java dengan standar. Karena pengembang web tidak dapat sepenuhnya bergantung pada dukungan Java dari browser web, applet tidak lagi merupakan cara yang umum untuk menyediakan konten interaktif di Web.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter