Pengertian Android

Android adalah sistem operasi seluler yang dikembangkan oleh Google. Ini digunakan oleh beberapa smartphone dan tablet. Contohnya termasuk Sony Xperia, Samsung Galaxy, dan Google Nexus One.

Sistem operasi Android (OS) didasarkan pada kernel Linux. Tidak seperti Apple iOS, Android adalah open source, artinya pengembang dapat memodifikasi dan menyesuaikan OS untuk setiap ponsel. Oleh karena itu, ponsel berbasis Android yang berbeda sering memiliki antarmuka pengguna grafis GUI yang berbeda walaupun mereka menggunakan OS yang sama.

Ponsel Android biasanya datang dengan beberapa aplikasi bawaan dan juga mendukung program pihak ketiga. Pengembang dapat membuat program untuk Android menggunakan kit pengembang perangkat lunak Android (SDK) gratis. Program Android ditulis dalam Java dan dijalankan melalui mesin virtual Java JVM yang dioptimalkan untuk perangkat seluler. "Dalvik" JVM digunakan melalui Android 4.4 dan digantikan oleh Android Runtime atau "ART" di Android 5.0. Pengguna dapat mengunduh dan menginstal aplikasi Android dari Google Play dan lokasi lainnya.

Jika Anda tidak yakin sistem operasi apa yang digunakan ponsel atau tablet Anda, Anda dapat melihat informasi sistem dengan memilih "Tentang" di menu Pengaturan. Ini juga merupakan cara yang baik untuk memeriksa apakah perangkat Anda memenuhi persyaratan sistem aplikasi. Nama "Android" berasal dari istilah android, yaitu robot yang dirancang untuk terlihat dan bertindak seperti manusia.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter