Pengertian ANR

Singkatan dari "Aplikasi Tidak Menanggapi." ANR adalah singkatan yang menggambarkan aplikasi Android yang tidak responsif. Saat aplikasi berjalan pada perangkat Android dan berhenti merespons, acara "ANR" dipicu. Dua kondisi dapat menyebabkan kesalahan PPA pada perangkat Android:


  1. Aplikasi aktif tidak merespons acara input dalam 5 detik.
  2. Kelas BroadcastReceiver tidak selesai dieksekusi setelah periode waktu yang lama.

Jika kesalahan ANR terjadi pada perangkat Android Anda, kotak dialog akan muncul di layar. Pesan itu akan memberi tahu Anda bahwa aplikasi tidak merespons dan akan menanyakan apakah Anda ingin menutup aplikasi. Anda memiliki dua opsi: Tunggu atau OK. Memilih "Tunggu" akan memungkinkan Anda untuk terus menunggu jika Anda ingin memberi aplikasi lebih banyak waktu. Memilih "OK" akan menutup aplikasi dan Anda dapat kehilangan aktivitas yang belum disimpan.

ANR berbeda dari crash. Kecelakaan menyebabkan program berhenti secara tak terduga. ANR menyebabkan suatu program "hang" dalam keadaan tidak responsif selama beberapa detik, tetapi mungkin pulih.
Kesalahan PPA terjadi karena berbagai alasan. Beberapa terkait dengan pengembang, seperti fungsi yang ditulis dengan buruk yang berulang kali lebih dari yang diperlukan. Lainnya terkait dengan perangkat, artinya perangkat keras tidak dapat memenuhi tuntutan aplikasi. Misalnya, jika aplikasi membuat dokumen besar, mungkin diperlukan beberapa detik untuk memuat data dan membuat gambar di layar. Ini bisa menghasilkan pesan ANR, meskipun prosesnya mungkin selesai beberapa detik kemudian.

Pengembang
Karena PPA menciptakan pengalaman pengguna yang buruk, pengembang bertujuan untuk menghindarinya atau setidaknya mengurangi jumlah kejadian sebanyak mungkin. Sistem operasi Android mencatat ANR dan aktivitas terkait untuk membantu pengembang men-debug aplikasi mereka. Jika aplikasi didistribusikan melalui Google Play, data PPA secara otomatis dikirim ke Google. Pengembang dapat meninjau data PPA di bagian Android Vitals dari Developer Console.

CATATAN: Tidak ada data pribadi yang dikirimkan dengan data PPA. Hanya versi aplikasi, versi Android, tipe perangkat, dan data aktivitas (seperti proses saat ini) yang direkam.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter