Pengertian Antivirus

Perangkat lunak antivirus adalah jenis utilitas yang digunakan untuk memindai dan menghapus virus dari komputer Anda. Sementara banyak jenis program antivirus (atau "anti-virus") ada, tujuan utama mereka adalah untuk melindungi komputer dari virus dan menghapus semua virus yang ditemukan.

Sebagian besar program antivirus mencakup kemampuan pemindaian otomatis dan manual. Pemindaian otomatis dapat memeriksa file yang diunduh dari Internet, disk yang dimasukkan ke komputer, dan file yang dibuat oleh penginstal perangkat lunak. Pemindaian otomatis juga dapat memindai seluruh hard drive secara teratur. Opsi pemindaian manual memungkinkan Anda untuk memindai file individual atau seluruh sistem Anda kapan pun Anda merasa perlu.

Karena virus baru terus-menerus dibuat oleh peretas komputer, program antivirus harus menyimpan basis data jenis virus yang diperbarui. Basis data ini mencakup daftar "definisi virus" yang dirujuk oleh perangkat lunak antivirus saat memindai file. Karena virus baru sering didistribusikan, penting untuk selalu memperbarui basis data virus perangkat lunak Anda. Untungnya, sebagian besar program antivirus secara otomatis memperbarui basis data virus secara teratur.

Sementara perangkat lunak antivirus terutama dirancang untuk melindungi komputer terhadap virus, banyak program antivirus sekarang melindungi terhadap jenis malware lain, seperti spyware, adware, dan rootkit juga. Perangkat lunak antivirus juga dapat dibundel dengan fitur firewall, yang membantu mencegah akses tidak sah ke komputer Anda. Utilitas yang mencakup kemampuan antivirus dan firewall biasanya bermerek perangkat lunak "Internet Security" atau yang serupa.

Sementara program antivirus tersedia untuk platform Windows, Macintosh, dan Unix, sebagian besar perangkat lunak antivirus dijual untuk sistem Windows. Ini karena sebagian besar virus ditargetkan ke komputer Windows dan oleh karena itu perlindungan virus sangat penting bagi pengguna Windows. Jika Anda adalah pengguna Windows, sebaiknya memiliki setidaknya satu program antivirus yang diinstal pada komputer Anda. Contoh program antivirus yang umum termasuk Norton Antivirus, Kaspersky Anti-Virus, dan ZoneAlarm Antivirus.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter