Pengertian API

Singkatan dari "Antarmuka Pemrograman Aplikasi." API adalah sekumpulan perintah, fungsi, protokol, dan objek yang dapat digunakan programmer untuk membuat perangkat lunak atau berinteraksi dengan sistem eksternal. Ini memberikan pengembang dengan perintah standar untuk melakukan operasi umum sehingga mereka tidak harus menulis kode dari awal.

API tersedia untuk sistem operasi desktop dan seluler. Windows API, misalnya, memberi pengembang kontrol dan elemen antarmuka pengguna, seperti jendela, bilah gulir, dan kotak dialog. Ini juga menyediakan perintah untuk mengakses sistem file dan melakukan operasi file, seperti membuat dan menghapus file. Selain itu, API Windows mencakup perintah jaringan yang dapat digunakan untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan lokal atau Internet.

API Seluler, seperti API iOS, menyediakan perintah untuk mendeteksi input layar sentuh, seperti mengetuk, menggesek, dan memutar. Ini juga mencakup elemen antarmuka pengguna yang umum, seperti keyboard sembulan, bilah pencarian, dan bilah tab, yang menyediakan tombol navigasi di bagian bawah layar. API iOS juga mencakup fungsi yang telah ditentukan sebelumnya untuk berinteraksi dengan perangkat keras perangkat iOS, seperti kamera, mikrofon, atau speaker.

API sistem operasi biasanya terintegrasi ke dalam kit pengembangan perangkat lunak untuk program terkait. Misalnya, Apple Xcode IDE memungkinkan pengembang untuk menarik dan melepas elemen ke antarmuka aplikasi. Ini juga menyediakan daftar fungsi yang tersedia dan termasuk penyorotan sintaks untuk elemen dan perintah yang dikenal.

Sementara API sistem operasi memiliki serangkaian fitur yang kuat, tipe API lainnya jauh lebih mendasar. Misalnya, situs web dapat menyediakan API untuk pengembang web yang memungkinkan mereka mengakses informasi spesifik dari situs. API situs web dapat sesederhana seperangkat elemen XML dengan beberapa perintah dasar untuk mengambil informasi.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter