Pengertian Application

Aplikasi, atau program aplikasi, adalah program perangkat lunak yang berjalan di komputer Anda. Browser web, program email, pengolah kata, game, dan utilitas semuanya adalah aplikasi. Kata "aplikasi" digunakan karena setiap program memiliki aplikasi khusus untuk pengguna. Sebagai contoh, pengolah kata dapat membantu siswa membuat makalah penelitian, sementara video game dapat mencegah siswa menyelesaikan kertas.

Sebaliknya, perangkat lunak sistem terdiri dari program yang berjalan di latar belakang, memungkinkan aplikasi untuk berjalan. Program-program ini termasuk assembler, kompiler, alat manajemen file, dan sistem operasi itu sendiri. Aplikasi dikatakan berjalan di atas perangkat lunak sistem, karena perangkat lunak sistem terbuat dari program "tingkat rendah". Saat perangkat lunak sistem diinstal secara otomatis dengan sistem operasi, Anda dapat memilih aplikasi mana yang ingin Anda instal dan jalankan di komputer Anda.

Program Macintosh biasanya disebut aplikasi, sedangkan program Windows sering disebut sebagai file yang dapat dieksekusi. Inilah sebabnya mengapa program Mac menggunakan ekstensi file .APP, sedangkan program Windows menggunakan ekstensi .EXE. Meskipun mereka memiliki ekstensi file yang berbeda, program Macintosh dan Windows melayani tujuan yang sama dan keduanya dapat disebut aplikasi.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter