Pengertian Array

Array adalah struktur data yang berisi sekelompok elemen. Biasanya elemen-elemen ini semua tipe data yang sama, seperti integer atau string. Array biasanya digunakan dalam program komputer untuk mengatur data sehingga serangkaian nilai terkait dapat dengan mudah disortir atau dicari.

Misalnya, mesin pencari dapat menggunakan array untuk menyimpan halaman Web yang ditemukan dalam pencarian yang dilakukan oleh pengguna. Saat menampilkan hasilnya, program akan menampilkan satu elemen array pada satu waktu. Ini dapat dilakukan untuk sejumlah nilai tertentu atau sampai semua nilai yang disimpan dalam array telah menjadi output. Sementara program dapat membuat variabel baru untuk setiap hasil yang ditemukan, menyimpan hasil dalam array adalah cara yang jauh lebih efisien untuk mengelola memori.

Sintaks untuk menyimpan dan menampilkan nilai-nilai dalam array biasanya terlihat seperti ini:

arrayname [0] = "Ini";
arrayname [1] = "is";
arrayname [2] = "pretty simple.";

print arrayname [0];
print arrayname [1];
print arrayname [2];

Perintah di atas akan mencetak tiga nilai pertama array, atau "Ini cukup sederhana." Dengan menggunakan loop "while" atau "for", programmer dapat memberi tahu program untuk menampilkan setiap nilai dalam array sampai nilai terakhir tercapai. Jadi tidak hanya array membantu mengatur memori lebih efisien, mereka membuat pekerjaan programmer lebih efisien juga.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter