Pengertian Assembler

Assembler adalah program yang mengubah bahasa assembly menjadi kode mesin. Dibutuhkan perintah dasar dan operasi dari kode assembly dan mengubahnya menjadi kode biner yang dapat dikenali oleh jenis prosesor tertentu.

Assembler mirip dengan kompiler karena mereka menghasilkan kode yang dapat dieksekusi. Namun, assembler lebih sederhana karena mereka hanya mengkonversi kode level rendah (bahasa assembly) ke kode mesin. Karena setiap bahasa rakitan dirancang untuk prosesor tertentu, merakit program dilakukan menggunakan pemetaan satu-ke-satu yang sederhana dari kode rakitan ke kode mesin. Compiler, di sisi lain, harus mengubah kode sumber generik tingkat tinggi menjadi kode mesin untuk prosesor tertentu.

Sebagian besar program ditulis dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dikompilasi langsung ke kode mesin menggunakan kompiler. Namun, dalam beberapa kasus, kode rakitan dapat digunakan untuk menyesuaikan fungsi dan memastikan fungsinya dengan cara tertentu. Oleh karena itu, IDE sering menyertakan assembler sehingga mereka dapat membangun program dari bahasa tingkat tinggi dan rendah.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter