Pengertian Backup

Cadangan adalah istilah komputer paling penting yang harus Anda ketahui.

Cadangan adalah salinan dari satu atau lebih file yang dibuat sebagai pengganti jika data asli hilang atau menjadi tidak dapat digunakan. Misalnya, Anda dapat menyimpan beberapa salinan makalah penelitian di hard drive Anda sebagai file cadangan jika Anda memutuskan untuk menggunakan revisi sebelumnya. Lebih baik lagi, Anda dapat menyimpan cadangan ke USB flash disk, yang juga akan melindungi file jika hard drive gagal.

Hard drive dimaksudkan untuk berjalan selama bertahun-tahun tanpa menabrak. Tapi sama seperti semua perangkat elektronik, mereka tidak kebal terhadap masalah. Karena mereka bukan perangkat solid state, hard drive bergantung pada bagian yang bergerak untuk mengakses data, yang dapat menyebabkan kegagalan fungsi dan menyebabkan data Anda menjadi tidak dapat dipulihkan. Jika Anda memerlukan bukti seberapa rapuhnya hard drive, buka toko komputer lokal Anda dan mintalah seseorang memperlihatkan hard drive terbuka. Ketika Anda menyadari bahwa semua data Anda disimpan dalam perangkat sekecil itu, Anda mungkin memiliki pemahaman baru tentang mengapa Anda perlu membuat cadangan data Anda.

Tapi itu bukan hanya kerusakan perangkat keras yang harus Anda khawatirkan. Korupsi perangkat lunak juga dapat merusak file Anda. Struktur direktori dapat menjadi rusak dan menyebabkan seluruh folder menghilang. File dapat secara keliru dihapus atau rusak oleh virus atau serangan perangkat lunak lainnya. Konflik instalasi program dapat membuat aplikasi atau file tidak dapat digunakan. Sayangnya ada banyak cara agar data Anda menjadi rusak atau hilang.

Itulah mengapa sangat penting untuk membuat cadangan data Anda. Kebanyakan orang tidak menyadari pentingnya memiliki cadangan sampai semuanya terlambat. Tentu saja, ketika Anda kehilangan foto, kertas sekolah, dokumen bisnis, arsip email, musik, film, atau data lainnya yang tidak dapat Anda pulihkan bertahun-tahun, pentingnya memiliki cadangan menjadi terlalu nyata.

Jadi bagaimana Anda membuat cadangan data Anda? Cara terbaik adalah menggunakan perangkat penyimpanan eksternal, seperti hard drive eksternal, perangkat memori flash, atau bahkan komputer lain. Anda juga dapat membuat cadangan permanen menggunakan media optik, seperti CD-R dan DVD-R. Mencadangkan masing-masing folder dan file semudah menyalinnya dari media sumber (hard disk komputer Anda) ke tujuan (hard drive eksternal). Jika Anda ingin mencadangkan seluruh sistem atau ingin melakukan pencadangan rutin secara otomatis, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pencadangan yang akan mencadangkan data untuk Anda. Banyak program tersedia untuk Mac dan Windows yang menyediakan cadangan otomatis dan kemampuan pemulihan sistem.

Jika Anda belum mencadangkan hard drive Anda, sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Jauh lebih baik untuk mencadangkan data Anda sekarang daripada terlambat.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter