Pengertian BASIC

Singkatan dari "Kode Instruksi Simbolik Serba Guna Pemula." BASIC adalah bahasa pemrograman komputer yang dikembangkan pada pertengahan 1960-an untuk menyediakan cara bagi siswa untuk menulis program komputer sederhana. Sejak itu, bahasa tersebut telah berevolusi menjadi bahasa yang lebih kuat dan kuat dan dapat digunakan untuk membuat program canggih untuk sistem komputer saat ini.

BASIC awalnya menggunakan angka pada awal setiap instruksi (atau baris) untuk memberi tahu komputer apa urutan untuk memproses instruksi. Baris akan diberi nomor 10, 20, 30, dll., Yang akan memungkinkan instruksi tambahan ditempatkan di antara perintah di kemudian hari jika diperlukan. Pernyataan "GOTO" memungkinkan program untuk kembali ke instruksi sebelumnya selama eksekusi. Misalnya, baris 230 dari program BASIC mungkin memiliki klausa "jika" yang memberitahu komputer untuk melompat kembali ke baris 50 jika variabel kurang dari 10. Instruksi ini mungkin terlihat seperti ini:

230 JIKA (N <10) KEMUDIAN GOTO 50

Implementasi BASIC yang lebih modern menggunakan "while loop," yang melakukan serangkaian instruksi selama kasus tertentu benar. Perangkat lunak pengembangan BASIC yang lebih baru juga mendukung lebih banyak tipe data, seperti integer, string, dan array, untuk menyimpan variabel dan data lainnya. Sementara lingkungan pengembangan BASIC pertama benar-benar berbasis teks, perangkat lunak pemrograman BASIC saat ini memungkinkan pengembang untuk merancang banyak program mereka secara visual, menggunakan antarmuka pengguna grafis. Beberapa program pengembangan BASIC yang lebih populer digunakan saat ini termasuk REALbasic dan Microsoft Visual Basic.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter