Pengertian Bash

Bash, meskipun biasanya tidak dikapitalisasi, adalah singkatan untuk "Bourne-Again Shell" dan dinamai setelah Stephen Bourne, pencipta shell Unix "sh." Ini adalah penerjemah bahasa perintah yang berasal dari sh yang dapat menjalankan perintah yang dimasukkan pada prompt perintah dan memproses input file teks.

Bash (bash) mendukung semua perintah shell Bourne asli (sh), dan juga banyak perintah lainnya. Ini juga mencakup fitur dari Korn shell (ksh) dan C shell (csh), seperti mengedit baris perintah, sintaks substitusi perintah, dan sejarah perintah. Bash juga mendukung "ekspansi penjepit," yang digunakan untuk menghasilkan string teks terkait. Operasi ini menyediakan cara yang efisien untuk mencari nama file dan mengganti nama banyak file. Versi terbaru dari Bash mendukung ekspresi reguler (Bash 3.0) dan array asosiatif (Bash 4.0).

Bash awalnya dikembangkan oleh Brian Fox untuk Proyek GNU dan dirilis pada tahun 1989. Bash shell awalnya didistribusikan dengan sistem operasi GNU dan kemudian menjadi shell default untuk beberapa distribusi Linux dan Mac OS X. Versi terbaru dari Bash (versi 3 dan 4) dikembangkan oleh Chet Ramey dan saat ini diterbitkan oleh Free Software Foundation, organisasi yang sama yang mendistribusikan sistem operasi GNU.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter