Pengertian BIOS

Singkatan dari "Basic Input / Output System." Sebagian besar orang tidak perlu mengacaukan BIOS di komputer, tetapi bisa membantu jika mengetahui apa itu. BIOS adalah program yang sudah diinstal sebelumnya pada komputer berbasis Windows (bukan pada Mac) yang digunakan komputer untuk memulai. CPU mengakses BIOS bahkan sebelum sistem operasi dimuat. BIOS kemudian memeriksa semua koneksi perangkat keras Anda dan menemukan semua perangkat Anda. Jika semuanya OK, BIOS memuat sistem operasi ke dalam memori komputer dan menyelesaikan proses boot-up.

Karena BIOS mengelola hard drive, ia tidak dapat berada pada satu, dan karena tersedia sebelum komputer dinyalakan, ia tidak dapat hidup dalam RAM. Jadi di mana BIOS yang menakjubkan dan sulit ditemukan ini dapat ditemukan? Ini sebenarnya terletak di ROM (Read-Only Memory) komputer. Lebih khusus, ia berada dalam chip read-only memory (EPROM) yang dapat diprogram. Jadi, segera setelah Anda menyalakan komputer, CPU mengakses EPROM dan memberikan kontrol ke BIOS.

BIOS juga digunakan setelah komputer boot. Karena berfungsi sebagai perantara antara CPU dan perangkat I / O (input / output). Karena BIOS, program Anda dan sistem operasi Anda tidak perlu mengetahui detail yang tepat (seperti alamat perangkat keras) tentang perangkat I / O yang terpasang pada PC Anda. Ketika detail perangkat berubah, hanya BIOS yang perlu diperbarui. Anda dapat melakukan perubahan ini dengan memasukkan BIOS saat sistem Anda hidup. Untuk mengakses BIOS, tahan tombol DELETE atau F2 segera setelah komputer Anda mulai dinyalakan.
Newest Older

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter