Pengertian Beta Software

Perangkat lunak beta mengacu pada perangkat lunak komputer yang sedang diuji dan belum dirilis secara resmi. Fase beta mengikuti fase alfa, tetapi mendahului versi final. Beberapa perangkat lunak beta hanya tersedia untuk sejumlah pengguna tertentu, sementara program beta lainnya dirilis ke masyarakat umum.

Pengembang perangkat lunak merilis versi beta perangkat lunak untuk mengumpulkan umpan balik yang bermanfaat sebelum merilis versi final suatu program. Mereka sering menyediakan forum web yang memungkinkan penguji beta untuk mengirim umpan balik mereka dan mendiskusikan pengalaman mereka menggunakan perangkat lunak. Beberapa program perangkat lunak beta bahkan memiliki fitur umpan balik bawaan yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan permintaan fitur atau bug langsung ke pengembang.

Dalam kebanyakan kasus, pengembang perangkat lunak akan merilis beberapa versi "beta" dari suatu program selama fase beta. Setiap versi menyertakan pembaruan dan perbaikan bug yang telah dibuat sebagai tanggapan terhadap umpan balik pengguna. Fase beta dapat berlangsung dari beberapa minggu untuk program kecil hingga beberapa bulan untuk program besar.

Setiap versi beta biasanya diberi label dengan nomor versi final diikuti oleh pengenal versi beta. Misalnya, rilis beta kelima dari versi kedua program perangkat lunak mungkin memiliki nomor versi "2.0b5." Jika pengembang memilih untuk tidak mencantumkan versi spesifik dari program beta, nomor versi mungkin hanya memiliki istilah "(beta)" setelah nama program, mis. "Aplikasi Baru Saya (beta)." Konvensi penamaan ini biasanya digunakan untuk versi beta dari situs web atau aplikasi web.

Karena perangkat lunak beta adalah versi pra-rilis dari aplikasi akhir, itu mungkin tidak stabil atau kekurangan fitur yang akan dimasukkan dalam rilis final. Oleh karena itu, perangkat lunak beta sering disertai dengan penafian bahwa penguji harus menggunakan perangkat lunak dengan risiko sendiri. Jika Anda memilih untuk menguji beta suatu program, ketahuilah bahwa itu mungkin tidak berfungsi seperti yang diharapkan.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter